Chat Box

Kamis, 27 September 2012

DEPARTEMEN RISET DAN PENGKAJIAN TEKNOLOGI INFORMASI


DEPARTEMEN RISET DAN PENGKAJIAN TEKNOLOGI INFORMASI

 

Sasaran Pelaksanaan Program Kerja

a.       Departemen ini diarahkan pada terciptanya tradisi ilmiah yang objektif dengan penguasaan teknologi informasi dengan mempertimbangkan aspek-aspek hukum,  kemanusiaan, norma-norma dan nilai-nilai spritualitas.
b.      Departemen ini juga diarahkan pada pengembangan wawasan mahasiswa STMIK Potensi Utama yang berorientasi pada pembentukan wacana ke depan dalam konteks persaingan global.
c.       Departemen ini juga diarahkan pada terciptanya organisasi yang mampu untuk mengkaji dan membangkitkan serta memasyarakatkan hasil kajian sebagai bahan penelitian untuk pengembangan sumber daya mahasiswa STMIK Potensi Utama dalam hal pengembangan kegiatan penelitian dan pengkajian teknologi informasi.

Arah Kebijakan Program Kerja

Mengintensifkan pengkajian, penelitian dan pengembangan dalam segala bidang yang berkaitan dengan teknologi informasi.


Konsep Dasar Pengembangan Departemen

Aktivitas program departemen riset dan pengkajian teknologi informasi pada dasarnya meliputi tiga aspek pengembangan yaitu :
1.      Pengembangan motivasi dan sikap prestatif, ini merupakan aspek mendasar yang menghasilkan kekuatan pendorong untuk mencapai perubahan dan peningkatan prestasi di berbagai bidang keilmuan maupun keterampilan yang berkaitan dengan teknologi informasi.
2.      Pengembangan intelektualitas, adalah upaya pemberdayaan cara berpikir kreatif dan ilmiah serta pengembangan wawasan keilmuan yang merupakan prasyarat bagi terbentuknya insan intelektual yang berwawasan ke depan.
3.      Pengembangan prestasi studi, keberhasilan studi merupakan tuntutan pragmatis yang secara realitis yang menjadi kebutuhan setiap mahasiswa, untuk itu upaya peningkatan prestasi studi dilakukan melalui penguasaan kemampuan berbagai bentuk kemampuan pendukung prestasi studi seperti penguasaan metode belajar yang efektif serta pengembangan iklim belajar yang kondusif dan kompetitif.

Rincian Pengembangan Fungsi dan Kinerja Departemen

1.      Membentuk, membina dan mengkoordinir unit-unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang consen terhadap pengkajian, penelitian dan penguasaan teknologi informasi dan diharapkan mampu menghasilkan karya inovatif dan kreatif dibidang teknologi informasi.
2.      Mengadakan pelatihan metodologi penelitian ilmiah tingkat dasar dan lanjut serta pelatihan-pelatihan lain yang mendukung kemampuan berkarya ilmiah di kalangan mahasiswa STMIK Potensi Utama. Pelatihan metodologi penelitian dapat dilakukan oleh tenaga pengajar STMIK Potensi Utama ataupun lembaga khusus yang ditunjuk oleh departemen riset dan pengkajian teknologi informasi. Dimana kegiatan ini lebih diarahkan pada upaya pengembangan jaringan kerjasama dengan suatu lembaga penelitian maupun instansi yang bergerak dibidang penelitian teknologi informasi.
3.      Mengadakan pelatihan khusus (seminar motivasi) untuk meningkatkan motivasi mahasiswa STMIK Potensi Utama sehingga terpacu untuk meningkatkan prestasi setinggi-tingginya ditengah-tengah persaingan yang semakin ketat, misalnya dengan quantum learning.
4.      Mengembangkan kajian pustaka teknologi informasi, pelaksanaannya dapat dilakukan lewat diskusi-diskusi dalam kelompok kecil dalam tubuh departemen riset dan teknologi informasi dalam tubuh BEM.
5.      Menumbuhkan iklim kompetitif dikalangan mahasiswa STMIK Potensi Utama untuk berani ikut serta dalam event-event pertandingan atau perlombaan dibidang teknologi informasi dimana dengan keikutsertaan mahasiswa STMIK Potensi Utama dalam kegiatan seperti ini diharapkan dapat mengharumkan dan melambungkan nama STMIK Potensi Utama ditingkat daerah maupun nasional.
6.      Mengadakan lomba-lomba serta kegaiatan-kegiatan kompetisi lainnya dalam rangka menggairahkan motivasi berkarya dan berprestasi dibidang keilmiahan dan studi, pelaksanaan program ini dapat dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan. Bentuk-bentuk kegiatan tersebut bisa dijadikan event rutin  untuk menumbuhkan iklim kompetitif dikalangan mahasiswa/i STMIK Potensi Utama dalam pengembangan prestasi studi dan pengembangan ide-ide kreatif. Bentuk kegiatan ini juga dapat dijadikan event pemilihan mahasiswa berprestasi untuk mewakili STMIK Potensi Utama dalam perlombaan-perlombaan dibidang teknologi informasi baik itu ditingkat daerah maupun nasional.
7.      Mengadakan forum kajian khusus dibidang teknologi informasi, dalam bentuk tertentu, seperti : seminar, diskusi, pelatihan, symposium, lokakarya, dan bedah buku. Dan mendokumentasikannya dalam bentuk laporan, rekomendasi maupun buku.
8.      Mengadakan penelitian-penelitian strategis dan praktis yang berkaitan dengan teknologi informasi, dimana penelitian ini dapat dilakukan secara mandiri (dibantu oleh tenaga pengajar khusus dilingkungan STMIK Potensi Utama ) maupun bekerjasama dengan organisasi atau instansi di luar STMIK Potensi Utama yang bergerak dibidang penelitian teknologi informasi.
9.      Mempublikasikan hal-hal yang dianggap perlu dan penting yang berhubungan dengan teknologi informasi, hasil-hasil kajian dan penelitian sebagai bahan informasi di kalangan mahasiswa/i STMIK Potensi Utama.
10.  Menjalin kerjasama dengan lembaga-lembaga yang dapat mendukung peningkatan kualitas sumber daya mahasiswa/i STMIK Potensi Utama, dimana pengembangan jaringan kerjasama tersebut dilakukan dengan memanfaatkan segala peluang yang ada.
11.  Mengadakan kegiatan-kegiatan khusus yang berkaitan dengan teknologi informasi untuk mempublikasikan dan memperkenalkan STMIK Potensi Utama kepada masyarakat umum, kegiatan-kegiatan ini khususnya dapat dijadikan sebagai suatu event promosi STMIK Potensi Utama kepada siswa/i SMU/SMK di kota Medan.

0 komentar:

Posting Komentar