Chat Box

Kamis, 27 September 2012

DEPARTEMEN KONSOLIDASI DAN MANAJEMEN ORGANISASI


DEPARTEMEN KONSOLIDASI DAN MANAJEMEN ORGANISASI


Sasaran Pelaksanaan Program Kerja :
a.       Departemen ini diarahkan kepada terciptanya infrastruktur dan suprastruktur organisasi serta mekanisme kepemimpinan yang dapat mendukung gerakan BEM STMIK Potensi Utama sebagai gerakan alternatif yang turut menentukan arah transformasi BEM STMIK Potensi Utama menuju terciptanya organisasi yang memiliki kelengkapan fungsi dan peran sebagai organisasi, serta sebagai kekuatan gerak organisasi untuk mencapai tujuan utama organisasi.
b.      Departemen ini diarahkan pada terciptanya anggota yang memiliki komitmen yang kuat terhadap upaya mengimplementasikan dan merealisasikan visi dan misi BEM STMIK Potensi Utama.
c.       Departemen ini diarahkan pada pengembangan budaya kritisme organisasi, untuk melakukan perubahan-perubahan yang konstruktif dan berkemanfaatan, dimana dalam pelaksanaannya tetap memegang teguh dan mempertimbangkan aspek-aspek hukum, kemanusiaan, norma-norma, dan nilai-nilai spiritualitas.


Arah dan Kebijakan Program Kerja :
a.         Memantapkan dan meningkatkan pemahaman tentang visi dan misi BEM STMIK Potensi Utama kepada setiap anggota dalam rangka mencapai kesatuan gerak organisasi yang tertata, terarah dan berkesinambungan.
b.        Memantapkan pengembangan mekanisme kerja pimpinan dan organisasi, kesatupaduan gerak dan komunikasi organisasi yang baik.
c.         Melakukan penataan dan pemantapan kualitas gerakan organisasi dengan mengusahakan pengembangan program-program departemen dengan cara memupuk sikap kepekaan sosial, etos intelektual yang tinggi, serta penanaman nilai-nilai moral.

Konsep Dasar Pengembangan Departemen :
a.       Pengembangan kualitas organisasi
b.      Pengembangan Departemen-Departemen
c.       Komunikasi Kepemimpinan
d.      Konsolidasi Organisasi, yang meliputi upaya penggalangan potensi dan kekuatan, serta koordinasi aktifitas organisasi sehingga tercipta organisasi yang tertata, tertib, teratur dan terarah.
e.       Pemantapan mekanisme dimana pada konsolidasi organisasi  yang lebih optimal, efisien dan efektif yang mendukung seluruh aktivitas organisasi.
f.       Penyempurnaan serta pelaksanaan tertib administrasi, yaitu dengan melakukan inovasi-inovasi teknis sehingga berfungsi secara efektif, efisien sehingga mampu mendukung seluruh gerak organisasi.
g.      Pelayanan dan pemenuhan kebutuhan administrasi organisasi.
h.      Penelitian dan pengembangan organisasi, untuk mengadakan kajian dan penelitian dalam rangka menyusun konsep strategi pengembangan organisasi.
i.        Optimilisasi keberadaan organisasi, merupakan upaya pembentukan, pembinaan dan pengembangan aktifitas organisasi yang diarahkan pada operasionalisasi peran organisasi di lingkungan intrernal dan eksternal Kampus STMIK Potensi Utama.
j.        Komunikasi organisasi, merupakan upaya penciptaan jaringan komunikasi dan informasi untuk memperkuat konsolidasi internal.
k.      Eksternalisasi gerakan dan penguatan jaringan, merupakan upaya untuk membangun bergainning organisasi dalam konstelasi lokal, maupun nasional dan membangun serta memperkuat jaringan organisasi dalam rangka mengembangkan sayap gerakan.
l.        Pembenahan rekruitmen anggota BEM.
m.    Pembinaan dan pengembangan sumber daya mahasiswa/i melalui pelatihan strategis.
n.      Menyampaikan aspirasi dan segala yang sifatnya komunikatif dari mahasiswa kepada pimpinan BEM STMIK Potensi Utama.

Rincian Pengembangan Kinerja Departemen


a.   Program Konsolidasi Departemen
1.      Memasyarakatkan visi dan misi BEM di kalangan anggota melalui berbagai kegiatan.
2.      Meningkatkan kemandirian dan kreatifitas kepemimpinan dalam pengelolaan organisasi guna pelaksanaan program dan pengembangan organisasi melalui usaha pembenahan, perbaikan dan penyempurnaan yang dapat dirasakan manfaatnya.
3.      Penataan struktur organisasi dengan seluruh departemen biro dan unit-unitnya agara berfungsi secara efektif dan efisien sehingga mampu mendukung seluruh gerak organisasi.
4.      Pengadaan dan penataan fungsi kantor dengan fasilitas yang memadai guna memperlancar jalannya organisasi.
5.      Meningkatkan dan menggerakkan fungsi dan potensi organisasi sebagai basis dan ujung tombak gerakan mahasiswa/i STMIK Potensi Utama di bawah koordinasi pimpinan BEM STMIK Potensi Utama, pihak rektorat dan pihak Yayasan STMIK Potensi Utama.
6.      Mengembangkan dan meningkatkan komunikasi dan kerjasama antar departemen dalam tubuh BEM sehingga terjadi pemerataan dan keseimbangan aktifitas sehingga dapat mengakses informasi secara cepat.
7.      Mendinamisasikan kepemimpinan dan aktifitas departemen sehingga terjadi pemerataan dan keseimbangan kualitas kegiatan.
8.      Memantapkan mekanisme kerja pimpinan departemen sehingga dapat melaksanakan tugas secara proporsional.
9.      Meningkatkan fungsi departemen dalam mengkoordinir dan mengkomunikasikan program kerja departemen.
10.  Meningkatkan tertib organisasi dan menyusun kaedah-kaedah, peraturan-peraturan organisasi pelaksanaan kegiatan BEM.
11.  Meningkatkan dan memantapkan posisi, peran dan fungsi pimpinan departemen sebagai pusat pengembangan organisasi.

b.   Program Konsolidasi Personal
1.      Meningkatkan kualitas pimpinan departemen dalam pemahaman visi dan misi organisasi wawasan pikiran, keteladanan, komitmen dan kemampuan profesional melalui refreshing, upgreding, job training, diskusi, dialog, pengkajian dan kegiatan lain yang sejenis.
2.      Menumbuhkan etos berorganisasi sehingga melahirkan komitmen dan dinamika yang tinggi dalam menggerakkan organisasi.
3.      Meningkatkan silaturrahmi antar pimpinan departemen dan anggota sehingga dapat memperkokoh ukhuwah dalam mengemban misi organisasi.
4.      Meningkatkan pembinaan dan pengembangan kualitas anggota sehingga mampu menjadi penggerak organisasi sesuai tujuan dan misi organisasi.
5.      Meningkatkan pembinaan anggota secara langsung melalui program yang diarahkan pada peningkatan kualitas anggota dalam berbagai aspek.

c.    Program Hubungan dan Kerjasama Organisasi
1.      Meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan BEM Perguruan Tinggi lain dalam berbagai kegiatan untuk meningkatkan pelaksanaan misi organisasi dalam rangka tujuan organisasi.
2.      Meningkatkan hubungan dan kerjasama dengan Pemerintah, organisasi kepemudaan, lembaga sosial kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat dengan mengembangkan inisiatif dan peran aktif BEM STMIK Potensi Utama. Khsususnya dalam bidang pengembangan mahasiswa sesuai dengan prinsip dan tujuan organisasi.

d.   Program Kepemimpinan Organisasi
1.      Mengoptimalkan pelaksanaan mekanisme kepemimpinan sesuai dengan pedoman kerja pimpinan dalam kerangka mendukung pengembangan program.
2.      Membangun fungsi pertemuan-pertemuan/rapat pimpinan guna penyamaan persepsi dan koordinasi kerja antar pimpinan.
3.      Meningkatkan selektifitas dalam memilih anggota guna mendukung terciptanya iklim profesional dalam pengelolaan organisasi dan untuk menjaga kewibawaan.
4.      Meningkatkan kemampuan keorganisasian dan wawasan keilmuan dalam bidang organisasi para anggota melalui kegiatan-kegiatan tertentu.
5.      Mengintesifkan pertemuan antar pimpinan departemen lewat pertemuan informal departemen.
6.      Mengefektifkan dan mengoptimalkan komunikasi antar pimpinan departemen dalam media tulisan guna menunjang kelancaran transformasi dan ide antar pimpinan.
7.      Mengefektifkan rapat kerja pimpinan sebagai wadah penyatuan visi perjuangan dan penentuan kebijakan antisipatif dan strategis organisasi.
8.      Meningkatkan transformasi keanggotaan melalui penciptaan iklim yang kondusif.
9.      Melakukan pendataan anggota guna memudahkan pemetaan kondisi dan pemenuhan administrasi keanggotaan/keorganisasian.
10.  Mengintensifkan sistem informasi organisasi lewat penyajian data-data organisasi yang telah dihimpun dan diolah sehingga mempermudah pengambilan keputusan organisasi berdasarkan sumber daya yang tersedia.
11.  Mensosialisasikan pedoman pengelolaan BEM-STMIK Potensi Utama untuk memantapkan kedudukan organisasi.
12.  Mengembangkan gerak BEM-STMIK Potensi Utama dalam rangka pemasyarakatan BEM-STMIK Potensi Utama.
13.  Menerbitkan media komunikasi, baik bagi anggota maupun pimpinan BEM melalui berita resmi, majalah, buletin, dan sebagainya.
14.  Komunikasi aktif dan kerjasama dengan departemen-departemen lain di dalam BEM dalam rangka lebih meningkatkan misi dan peran BEM.
15.  Membangun dan memantapkan komunikasi dan kerjasama dengan organisasi, lembaga atau institusi lain untuk membentuk dan memperkuat jaringan.
16.  Mengoptimalkan eksistensi BEM STMIK Potensi Utama melalui forum-forum komunikasi dan media informasi baik medis informasi baik media cetak maupun elektronik.

e.   Program Manajemen dan Administrasi
1.      Memantapkan serta sosialisasi struktur organisasi dengan segenap elemen internal maupun eksternal kampus STMIK Potensi Utama.
2.      Menyempurnakan dan mensosialisasikan arah strategi program departemen BEM STMIK Potensi Utama.
3.      Mengoptimalkan koordinasi antar departemen yang ada dalam tubuh BEM melalui rapat kerja, job training dan sebagainya untuk memadukan wawasan pemikiran maupun pelaksanaan program.
4.      Pengadaan serta sosialisasi pedoman administrasi BEM STMIK Potensi Utama keseluruh departemen didalam BEM.
5.      Menyempurnakan dan mensosialisasikan arah strategi program departemen-departemen BEM.
6.      Menyelenggarakan penataran \ pelatihan administrasi BEM oleh setiap jenjang kesatuan pimpinan pada awal periode kepemimpinan dengan orientasi pada pemahaman pimpinan terhadap administrasi BEM.
7.      Pemantapan pelaksanaan tesis organisasi bagi anggota dan pimpinan departemen dengan menertibkan serta memasyarakatkan kepemilikan Kartu Tanda Anggota (KTA) BEM. Pelaksanaan rapat-rapat, pelaksanaan tugas-tugas amanat organisasi, pelaksanaan keputusan organisasi dan lain-lain berdasarkan AD/ART serta aturan-aturan organisasi yang berlaku.
8.      Menertibkan pendataan dan pengarsipan surat-surat organisasi serta konsep yang telah dihasilkan, serta penertiban dan pemeliharaan inventaris harta benda serta dokumnentasi organisasi.
9.      Memasyarakatkan pemakaian atribut BEM setiap acara resmi BEM. 

1 komentar:

surgical steel vs titanium (10-0) vs titanium (5-0)
Customized titanium vs titanium vs titanium (10-0) titanium pry bar We have all tested galaxy watch 3 titanium and rated titanium anodizing the best titanium titanium strength vs babylisspro nano titanium hair dryer titanium vs titanium (10-0) at this competition.

Posting Komentar